Keramik Rawasari

di simpang rawasari jakarta timur sebelum10 februari 2008 adalah tempat orang mencari keramik, perabot dari rotan, dan ayunan.
harga di sini lebih murah dibanding kita beli di toko bersih dan adem.
lebih dari setahun lalu gue pernah menulis tentang keramik rawasari ini.

kemarin (13/2), gue turun dari bis 43 di simpang ini.
biasanya menumpang mikrolet karena ngga sabar nunggu bis,
dan mikrolet ngga lewat rawasari.
tapi kemarin, begitu turun dari jembatan penyeberangan UKI langsung liat bis 43,
naiklah.

mendekati rawasari, gue berdiri karena akan menyeberang,
menyambung metromini 47 ke kantor.
kondektur menyerukan ke penumpang yang hendak turun di rawasari
“yang belanja keramik murah, belanja keramik murah…..”
oiya, korban gusuran kan mengobral dagangannya, baru ingat.

mampir ngga ya.
kamera gue lagi dipinjem pula.
darurat, pake kamera handphone yang cuma 1,3 megapixel.
ngga pa-pa, liat-liat ajalah.
mana mungkin gue cuman liat-liat doang?
ngga kuat iman.
duit ada sih sedikit di dompet kalo mau beli dikit.

mendekati lokasi,
buset, ibu-ibu kalap semua.
dari komentar mereka,
harganya bantingan banget.
“di situ bu,
tempat permen cuma dua puluh ribu,” perempuan berseragam pemprov DKI bicara ke rekannya
yang juga berseragam.

seorang ibu bertanya harga guci yang segede badan gue.
si bapak penjual mengacungkan dua jarinya.
apa maksudnya ya?
dua ratus ribu apa dua juta?
tauklah. ngga minat.

ada pinggan cantik buat memanggang macaroni schotel atau puding roti.
“ini berapa pak?”
“tujuh puluh lima ribu.”
emang kapan gue bakal bikin macaroni schotel atau puding roti?
dulu masih sempet, tapi sekarang?

beralih ke mangkok berukuran agak besar dari mangkok bakso.
“dua puluh ribu.”
cantik, tapi di rumah sudah ada lima.

ke pinggan satu set
(isi tiga: besar, sedang, kecil).
“seratus ribu.”
imaaaaaan…berkumpullah di hatiku….

selagi menimbang-nimbang pinggan satu set ini,
penjualnya meletakkan satu kotak cangkir teh di depan gue.
isi setengah lusin.
“tujuh puluh lima ribu, enam buah.”
ambil dah!!!!.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s