Kisah di Toko Buku

Bukuku, Bukan Jelajah Biasa, terbit 5 Mei, dan mulai masuk toko 12 Mei.

Sejak 12 Mei itulah aku pas wiken, sebelum ngantor, mampir ke Gramedia dulu. Tentu Gramedia yang ngga mlipir jauh dari jalur perjalanan dari rumah ke kantor, yakni Gramedia Matraman, Gramedia Metropolitan Mall Bekasi, Gramedia Plaza Semanggi, Gramedia Central Park, dan Gramedia Citraland Mall.

Aku beberapa kali ke Gramedia Matraman dan ngga selalu pas wiken, ke Gramedia Metropolitan Mall dua kali, dan sekali ke Gunung Agung Kwitang.

Ngapain aja aku di sana? Nengokin anak spiritualku itu yang dititipkan ke orang lain dan memastikan dia diperlakukan dengan baik.

Konkritnya gini.

Aku pastikan Bukan Jelajah Biasa ada di tempat yang mudah terlihat. Aku melakukan hal jahil di semua sidak demi terliriknya bukuku.

Kalau dia adanya di rak bawah, kupindahin ke rak tengah, sejajar dada. Aku ambil tiga eksemplar Bukan Jelajah Biasa, kuletakkan di kotak Buku Baru. Pusing deh pramuniaganya.

Kalau plastiknya belum ada yang dibuka, aku buka satu. Calon pembeli harus tahu bahwa isi buku ini bukan hal yang hore, sok asik, sok rame.

Bukuku diterbitkan Bentang yang bukan grup Kompas-Gramedia. Jadi, Kawan-kawan, jangan cari Bukan Jelajah Biasa di bagian depan (di kotak Buku Baru) begitu kita masuk toko.

Walau bukuku masuk kategori buku baru karena baru diterbitkan, dia tidak akan ada di kotak Buku Baru karena kotak itu hanya untuk buku-buku terbitan grup Kompas-Gramedia.

Buku-buku yang bukan terbitan grup Kompas-Gramedia tapi dipajang di bagian depan hanyalah buku-buku laris manis tanjung kimpullll, seperti The Naked Traveler series dan karya-karya Andrea Hirata (keduanya dari penerbit Bentang).

Bukan Jelajah Biasa ada di rak Pariwisata. Di mana rak Pariwisata itu? Nun jauh di ujung. Di dekat rak buku pelajaran SD, SMP, dan Peta. Ngga kepikiran kan?

Demikianlah faktanya di Gramedia Metropolitan Mall Bekasi, Gramedia Central Park, dan Gramedia Citraland Mall. Bahkan di Gramedia Metropolitan Bekasi, tumpukan bukuku ada di bawah, di sudut kiri. Benar-benar DITUMPUK. Ngga ada yang dipajang. Siapa yang mau lihat?

Di Gramedia Matraman, rak pariwisata ada di lantai 3. Begitu naik eskalator, langsung balik arah ke belakang.

plangi
Rak Buku Rekomendasi di Gramedia Plaza Semanggi. (Foto: Silvia Galikano)


Pertama hatiku bungah ketika ke Gramedia Plaza Semanggi, bukuku ada di rak Buku Rekomendasi. Buku rekomendasi booowww. Pada kunjungan terakhir keGramedia Matraman aku lihat bukuku sudah dipasang di lunas rak (apa ya istilah tepatnya?), menghadap luar, sehingga kemungkinan terlihatnya lebih besar.

Aku girang juga ketika melihat Bukan Jelajah Biasa masuk dalam daftar buku laris di BukuKita.com (lihat kolom kanan), dan masuk 10 teratas kategori buku traveling di BukaBuku.com.

Terima kasih untuk teman-teman yang sudah membaca bukuku dan merekomendasikannya melalui facebook, twitter, blog, serta dari mulut ke kuping yang menurutku inilah cara promosi paling tulus. Berikut sebagian komentar dari yang sudah membaca bukuku. Senang membacanya.

Dari Adie Riyanto, tag di wall Facebook:


Dari Novieta Tourisia, tag di wall Facebook:

Dari Rahmadiyanti, diposting di Goodreads (hasil googling):


Dari Tari Amanda, Anna Aziz, Novieta Tourisia, hasil di mesin pencari Twitter:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s