Blusukan nang Mbogor

 

buah kemang
Buah kemang. (Foto: Silvia Galikano)

Buah di sebelah kiri ini namanya kemang.  Syukurlah kalau Kawan tahu. Aku baru tahu tadi (2/1/2012) siang, yep Rabu dan bukan akhir pekan, sewaktu blusukan di Bogor bareng Bimala.

Sesampai di rumah, buah berdaging putih itu kucicipi sedikit dengan mengiris ujungnya. Aiiiiihhhhh kecuuuutttt. Mirip rasa kedondong matang yang sudah kuning lunak tapi dengan kemasaman yang nggilani.

Akhirnya 1 buah kemang yang sudah dikupas itu kujadikan juice dengan tambahan 3 sendok makan gula. Segar rasanya. Tandas sambil menonton talk show Irma Hutabarat di TVRI. Semoga sampai besok perut ini baik-baik saja, tidak berontak.

Di Bogor tadi, untuk pertama kalinya juga aku tahu buah gandaria, segarnya es pala dan es mangga, sedapnya soto H. Yusup yang mirip soto betawi tapi berwarna kuning, serta laksa ayam moanteppp bener di sampingnya Bogor Permai.

Toko Sepatu Panda bogor, sulastri
Tante Sulastri. (Foto: Silvia Galikano)

Kami juga singgah beli sandal di Toko Sepatu Panda yang sekarang dikelola generasi ke-3, tante Sulastri yang rambutnya sudah dominan putih. Dulu nama toko ini, kalo ngga salah eja, Pan Ta Chi. Seorang ibu dan putrinya yang juga datang siang itu memberi tahu, dia sudah jadi pelanggan toko ini sejak masih gadis. Dulu, menurutnya, sepatu bisa dipesan dengan ukuran dan model yang diinginkan.

Tante Sulastri alamat jadi generasi terakhir yang mengelola toko Panda karena anak-anaknya tak ada yang mau meneruskan usaha ini. “Anak-anak selesai sekolah maunya kerja, ngga mau dagang,” kata tante Sulastri.

***

One Reply to “Blusukan nang Mbogor”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.