Adu Taktik di Pucuk Perang Dingin

Image

Pensiunan mata-mata diberi tugas mencari agen ganda di badan intelijen Inggris. Pertanyaan besar, apakah dia berperan sebagai bidak catur ataukah pemainnya?

Oleh Silvia Galikano

 

Judul: Tinker Tailor Soldier Spy

Kategori:  Drama, misteri, thriller

Sutradara: Tomas Alfredson

Penulis skenario: Bridget O’Connor, Peter Straughan

Pemain: Gary Oldman, Colin Firth, Tom Hardy, John Hurt, Toby Jones, Mark Strong, Benedict Cumberbatch, Ciarán Hinds

Durasi: 127 menit

 

Inggris, awal 1970-an. Perang Dingin sedang “dingin-dinginnya”. Negara-negara Barat dan Soviet di pucuk kecurigaan. Skandal marak berpusar pada kegiatan mata-mata yang memata-matai mata-mata.

George Smiley (Gary Oldman), mata-mata Inggris yang sudah pensiun, ditugaskan kembali secara diam-diam di luar badan intelijen. Tugasnya membereskan Dinas Rahasia Inggris (MI-6) yang diresahkan adanya agen ganda yang bekerja untuk Soviet.

Smiley hubungi kolega-koleganya dulu. Di antaranya Ricki Tarr (Tom Hardy) bad boy yang pernah jadi mata-mata di Istanbul dan nyaris membuka misteri adanya agen ganda di sana. Ada juga Peter Guillam (Benedict Cumberbatch) yang dia jadikan tangan kanannya.

Ricki Tarr saat di Istanbul terlibat hubungan asmara dengan perempuan yang adalah kekasih mata-mata Soviet, mata-mata yang selama ini jadi incarannya. Tapi ketika penyamaran si mata-mata terkuak, Tarr hilang kontak dengan perempuan ini.

Sementara Peter Guillam punya tugas menyusup ke badan intelijen dan mencuri dokumen rahasia di sana. Guillam bekerja cepat. Dokumen ditemukan, tapi halaman yang dicari telah hilang disobek. Semakin kuat dugaan adanya agen ganda di tubuh MI-6.

Kecurigaan adanya agen ganda ternyata bukan baru-baru ini saja ada. Kolega lama Smiley yang juga sudah pensiun, Connie Sachs (Kathy Burke) yang dulu bertugas sebagai analis data, bahkan sudah mencium hal ini saat dia masih aktif, tapi kemudian dibungkam atasannya, Percy. Dengan alasan “mengurus yang tidak perlu” itu pula dia diberhentikan.

Smiley beradu cerdas dengan kepala mata-mata Soviet, Karla. Keduanya sudah pernah berjumpa dulu sekali, ketika Smiley ke Soviet untuk mengajak sejumlah mata-mata Soviet jadi agen ganda. Di antara yang banyak berhasil direkrut, Karla menolak karena besar cintanya pada Soviet.

“Saat itulah saya tahu bahwa dia bisa dikalahkan. Karena dia fanatik. Dan yang fanatik selalu pada akhirnya tidak yakin,” Smiley bercerita pada Tarr.

Thriller yang kompleks ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya John le Carre yang terbit pada 1974. Bridget O’Connor dan Peter Straughn mengadaptasinya ke dalam film dengan cermat dan dingin.

Peran kunci Smiley si poker-face dimainkan dengan sangat memukau oleh Gary Oldman.  Brilian sekali cara Oldman menjaga tempo dan membuat perhitungan matang di setiap jeda kalimat. Smiley menghadapi siapa saja dan dalam keadaan apa saja dengan ekspresi datar, kecuali sedikit emosional –itu pun cuma sedikit– ketika memergoki istrinya berselingkuh dengan Bill Haydon.

Kembali ke agen ganda, jadi siapa agen ganda itu? Apakah kepala badan intelijen baru, Percy (Toby Jones) yang pernah memecat  Sachs? Ataukah rekan Percy, Roy Bland (Ciaran Hinds)? Bawahan Percy, Esterhase (David Dencik)? Atau si flamboyan Bill Haydon (Colin Firth)? Bagaimana pula dengan Jim Prideaux (Mark Strong) yang dilaporkan tewas, tapi dua bulan kemudian ternyata ada dana yang dialokasikan untuknya?

Lantas siapa yang mendapat julukan Tinker (Pematri), Tailor (Penjahit), dan Soldier (Tentara)? Siapa pula Spy (Mata-mata)?  Tinker Tailor Soldier Spy menyembunyikan semua rahasia itu dengan baik. Rapat dan rapi hingga tak lebih dari lima menit terakhir film, simpul-simpul rahasia itu terbuka beruntun.

Tonton filmnya hingga selesai, maka Anda bahkan akan bisa menjawab siapa paling mata-mata di antara semua mata-mata di sini.

***

Dimuat di Majalah Detik edisi 15, 12-18 Maret 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s