Dialog Ruang Sempit Kosmopolitan

Image

Dalam ketergesaan kota besar, telah terjadi revolusi cara orang per orang berinteraksi. Dialog dalam sunyi pun ikut berubah bentuk.

Oleh  Silvia Galikano

Enam penari berpakaian casual, T-shirt dan celana panjang, bergerak masing-masing, pelan, dengan iringan suara yang sangat halus, seperti suara hujan di kejauhan. Empat perempuan dan dua laki-laki sibuk dengan dunianya masing-masing, pada aktivitas sehari-hari di rumah yang awalnya tidak terhubung satu sama lain.

Makin lama gerakan mereka makin cepat dan dinamis. Iringan suara pun terdengar semakin jelas. Keenamnya kini sama-sama berjalan kaku membentuk persegi. Tidak seragam, tapi terhubung satu sama lain seakan di bawah satu komando. Dan walau dalam formasi lain, bukan lagi membentuk persegi, kita masih bisa menemukan keterhubungan itu.

Tari kontemporer berjudul Tiger Tiger Burning Bright… oleh Kubilai Khan Investigations dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta pada Kamis 30 Mei 2013 lalu. Inilah hasil tangkapan koreografer Frank Micheletti terhadap kesibukan masyarakat kota-kota besar yang bergerak serbacepat. Ada hiruk pikuk jalanan, ada aliran manusia di stasiun kereta bawah tanah, ada pula keriuhan dalam pikiran sendiri.

“Banyak situasi seperti ini di kota-kota besar, seperti Jakarta, Tokyo, Johannesburg, Mumbai, dan Paris. Cerita tentang kemacetan, tentang masyarakat yang hidup di tempat sempit, dan reaksi tubuh sebagai kelompok dan perorangan. Ini yang jadi subyek utama tarian,” kata Micheletti.

Para penari di sini sedang tidak memainkan karakter tertentu. Mereka bisa mewakili siapa saja, termasuk kita sendiri, karena itu enam penari ini tidak mengenakan kostum. Musik pun seminim mungkin untuk memberi kesempatan penonton berkonsentrasi.

Micheletti memberi ruang juga untuk percintaan di tengah ingar bingar kosmopolitan. Cinta segitiga yang membuat ketiganya tak berdaya serta cinta dua orang yang sama-sama diperjuangkan. Dalam dunia yang serbacepat, cinta instan (dan instan pula lunturnya) bukan sesuatu yang aneh.

Secara keseluruhan, Tiger Tiger Burning Bright… adalah tentang intensitas serta dialog dengan diri sendiri dan dengan kelompok. Ambil contoh, dalam perjalanan dalam kereta bawah tanah, seseorang bisa berada dekat dengan orang lain yang sama sekali tidak dikenal.

Dengan cara ini Micheletti menangkap isu tentang skala dan ukuran, hingga tak dapat dihindarinya fenomena akselerasi. Tentang rutinitas yang bergerak makin cepat. Dan tanpa disadari, manusia sudah membuat banyak revolusi dari keseharian mereka.

Kubilai Khan Investigations adalah kelompok tari kontemporer yang bermarkas di Toulouse, Prancis. Sudah 15 tahun kelompok ini malang melintang di panggung seni Prancis dan mancanegara dan telah mengembangkan 20 tarian.

Di Indonesia, Kubilai Khan Investigations mengisi festival seni dan budaya Prancis Printemps Francais 2013 di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Yang unik dari kelompok ini adalah enam penarinya berasal dari banyak negara. Mereka adalah Viktoria Andersson (Swedia), Idio Chichava (Mozambik), Peter Juhasz (Hungaria), Ikue Nakagawa (Jepang), Sara Leah Tan Siyin (Singapura), dan Csaba Varga (Hungaria). Micheletti memberi alasan, penari dari berbagai kota besar negara lain dapat memberi efek “amplifikasi” atas tarian tentang fenomena kota besar yang mereka tampilkan.

Umumnya Micheletti “mendapatkan” para penari ketika tengah membuat workshop di luar negeri. Karena Mei lalu Kubilai Khan Investigations tampil (walau tidak membuat workshop) di Indonesia, maka, “Penari Indonesia sangat saya tunggu untuk bergabung,” ujar Micheletti.

 ***

Dimuat di Majalah Detik edisi 80, 10 – 16 Juni 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s