Muda, Tampan, Sukses… Single?

20150518_MajalahDetik_181_a10

Tiga pria bersepakat untuk tetap single. Tak menunggu lama, satu demi satu melanggarnya.

Oleh Silvia Galikano

Judul: Are We Officially Dating?
Genre: Comedy, Romance
Sutradara: Tom Gormican
Skenario: Tom Gormican
Distributor: FilmDistrict
Pemain: Zac Efron, Michael B. Jordan, Miles Teller
Durasi: 1 jam 34 menit

Mikey (Michael B. Jordan) baru saja bercerai dari Vera (Jessica Lucas) karena istrinya berselingkuh. Dua sahabatnya yang single, Jason (Zac Efron) dan Daniel (Miles Teller), menunjukkan empati mereka dengan berjanji untuk tetap single sampai waktu yang tak ditentukan.

Untuk pertama kali sejak zaman kuliah, mereka pergi ke pesta, mabuk bersama, dan tinggal bertiga di satu apartemen. Mikey adalah dokter UGD. Sedangkan Jason dan Daniel desainer di perusahaan grafis besar di New York. Keduanya sedang mengincar proyek besar.

Mikey mengalihkan kesedihannya dengan menghabiskan es krim porsi besar sambil menonton televisi. Sebetulnya ada perempuan yang menarik perhatiannya saat di bar, Si Kaca Mata. Jason dan Daniel mendorong Mikey untuk mencoba, tapi dia belum sembuh dari sakit hatinya.

Jason diam-diam dekat dengan Ellie (Imogen Poots), seorang publisis yang dikenalnya di bar. Hubungan Daniel dan Chelsea (Mackenzie Davis) yang semula teman, berkembang jadi lebih serius, secara diam-diam juga. Kebersamaan Jason dan Ellie menghasilkan Jason dan Daniel mendapat proyek pengerjaan cover buku dari Ellie.

Tanpa diketahui Jason dan Daniel, Mikey dan istrinya sedang menjajaki kemungkinan rujuk. Lalu apa kabar dengan kesepakatan Jason dan Daniel untuk tetap single bersama Mikey?

Are We Officially Dating? (awalnya That Awkward Moment) menjadi kejutan bagi penggemar komedi romantis karena ceritanya bukan sekadar “akan ke mana hubungan kita?” seperti yang ada di trailernya. Di tengah komedi mainstream Hollywood yang makin kehabisan ide, film-film independenlah yang beberapa tahun terakhir mengambil alih dan mengisi ruangnya.

That Awkward Moment menandai film pertama sutradara-penulis Tom Gormican, sehingga kreditnya sebagai co-produser film buruk Movie 43 (2013) dapat “dihapus” permanen dari CV-nya.

Komedinya lebih subtil dengan kalimat-kalimat pendek, tajam, sedikit cabul, dan dialog nakal sehingga memberi tone yang lebih individual. Humor verbalnya berima, ada beberapa dialog panjang yang berkembang menyenangkan dan mengalir. Di sini juga ada dua elemen paling penting komedi romantis mana pun, yakni gestur yang menggemaskan dan kisah romantis, walau beberapa plotnya bisa dikembangkan dengan sedikit imajinasi.

Miles Teller, Zac Efron, dan Michael B. Jordan memberikan penampilan solid, penuh energi, dan berkharisma. Efron yang kini benar-benar matang setelah bertahun-tahun identik dengan Disney Channel, paling menonjol dibanding dua lainnya. Akting luar biasa Miles Teller dalam Whiplash (2014) yang masih segar di benak kita, ditemukan lagi di sini.

Efron dan Imogen Poot adu akting dengan sangat baik. Menyandingkan Teller yang lucu tanpa beban dengan Mackenzie Davis yang natural juga ide brilian. Michael B. Jordan meyakinkan lewat akting cerdasnya.

Inilah komedi romantis pertama yang menarget penonton pria, menelanjangi ego pria, dan memberi penghormatan pada perempuan. Pendeknya, senang rasanya melihat komedi romantis yang karakter prianya memilih berubah ketimbang yang akhirnya diterima dengan mempertahankan kepala batu mereka. Semangat indie-nya paling terasa, beda dari komedi romantis lain, dan membuat Are We Officially Dating? layak tonton.

***
Dimuat di Majalah Detik edisi 181, 18-24 Mei 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s