Ansambel yang Padu di ‘My Stupid Boss 2’

my stupid boss 2, my stupid boss 2 movie, film my stupid boss

Judul: My Stupid Boss 2

Produser: Frederica

Sutradara: Upi

Penulis: Upi, Chaos@work

Pemeran: Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari

Oleh Silvia Galikano

Bossman (Reza Rahadian) ini nauzubillah pelitnya. Sapaan pertama tiap kali ada anak buah yang masuk ruangannya adalah, “Ndak ada duit!”

Padahal itu anak buah belum tentu masuk untuk minta duit. Padahal lagi, dia mengucapkan itu sambil menghitung segepok duit.

Saking pelitnya, pabrik mebel milik Bossman ini menggunakan mesin potong generasi pertama. Jadul abis. Seminggu bisa lima kali rusak. Jumlah produksi juga jauh di bawah mesin potong modern.

Karyawan kantor bekerja masih menggunakan telepon putar, komputer tabung, bahkan ada yang pakai mesin tik! Alasannya ya itu tadi, ndak ada duit.

Tiap kali karyawan membuat kesalahan, siap-siap saja dengan sanksi potong gaji. Juga kalau terlambat 5 menit.

Sikap pelit yang kelewatan, walau niatnya untuk berhemat, membuat pabrik tidak produktif. Tidak heran kalau utang perusahaan menggunung. Karyawan pabrik pun satu demi satumengundurkan diri, tak tahan dengan tekanan Bossman.

Suatu hari Bossman diundang ke Vietnam untuk menerima penghargaan sebagai pemimpin berprestasi. Dia pergi ke Vietnam mengajak tiga karyawannya,  yakni Diana (Bunga Citra Lestari), Mr Kho (Chew Kin Wah), dan Adrian (Iedil Putra).

Bossman juga punya agenda lain mumpung di Vietnam, yakni merekrut pekerja menggantikan pekerja pabrik yang berhenti.

Keempatnya pergi ke pedalaman Vietnam melalui jalan darat yang serasa tak habis-habis, dilanjut dengan menyusur sungai. Di sana sudah menunggu Nguyen (Morgan Oey),agen tenaga kerja Vietnam yang pernah bekerja di Malaysia. Dia sudah menyiapkan sejumlah laki-laki kampung untuk jadi pekerja Bossman.

Masalah muncul ketika adakesalahan komunikasi antara Nguyen dan Bossman. Bossman minta disediakan tenaga kerja sekian orang dengan anggaran sekian.

Berdasarkan anggaran yang dapat dipastikan sangat cekak itu Nguyen merekrut orang yang asal mau bekerja. Padahal Bossman maunya yang berpengalaman. Maka Nguyen pun minta tambahan uang jika maunya demikian. Oh, tidak semudah itu minta tambahan uang ke Bossman.

Sementara itudi kantor, dua karyawan yang tidak ikut ke Vietnam,Norahsikin (Atikah Suhaemi) dan Azahari (Iskandar Zulkarnaen) batal santai-santai. Tiba-tiba saja dua gangster debt collector menyerbu kantor.

Satu gangster India, dan satu lagi gangster Tionghoa. Mereka menagih utang Bossman yang sudah mulur setahun. Hari itu juga harus dibayar, atau nyawa keduanya melayang.

Adaptasi novel My Stupid Boss 2 yang ditulis Chaos@work kali ini masih menyuguhkan kelucuan-kelucuan sikap si bos. Banyaknya pilihan cara pelit dieksploitasi habis-habisan dalam skenario yang ditulis Upi, membuat penonton tersenyum geli hingga tertawa terpingkal-pingkal.

Reza Rahardian menafsirkan karakter Bossman dengan baik dan berhasil meyakinkan penonton betapa ngehe-nya orang itu.

Berlogat Jawa, ngeselin, dan cara jalannya “berantakan”. Dia suka sekali menyebut Diana gendut, doyan makan, padahal Bossman sendiri yang gendut.

Walau demikian kita tidak pernah sampai membenci karakter tersebut. Bukan karena dia lucu. Bukan. Melainkan ada rasa kemanusiaan yang tidak dia tunjukkan, tapi beresonansi ke penonton.

Kepiawaian Reza diimbangi dengan pas oleh Bunga Citra Lestari (BCL) yang berperan sebagai Diana, karyawan yang paling berani ke Bossman dan dijadikan semacam bumper antara Bossman dan karyawan lain.

BCL menjadikan film ini sedap ditonton karena sikap gemasnya menghadapi Bossman membuat kita gemas juga terhadapnya.

Kejutan diberikan Morgan Oey. Memainkan karakter Nguyen, dia berbahasa Vietnam di sebagian besar perannya. Sebagian kecilnya berbahasa Melayu-Malaysia. Sama sekali tidak berbahasa Indonesia. Tentu ini hal baru bagi aktor kita.

Masih ingat dengan dua gangster debt collector? Sutradara Upi membuat gangster ini jauh dari menakutkan. Mereka bahkan bersaing secara menggelikan.

Yang gangster India joget tiap radio transistor yang mereka bawa memperdengarkan lagu Bollywood. Tak mau kalah, gangster Tionghoa memutar lagu salah satu boyband dari ponsellalu nge-dance gaya boyband.Tampang sangar-sangar, dengar lagu langsung joget.

Upi menjaga irama My Stupid Boss 2dengan cermat sehingga tidak kedodoran sekaligus pesan yang ingin diberikan juga sampai. Ansambel keseluruhannya pun padu, menjadikan My Stupid Boss 2enak ditonton dan menghibur.

***
Dimuat di detikcom, Selasa, 2 April 2019

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s