Nastar Saya dan Kisah Tanah Jawa

kisah tanah jawa, nastar, ananastaartjes, pineapple taart, ananas taart
Nastar bikinan saya dan Kisah Tanah Jawa. (Foto Silvia Galikano)

 

Saya berharap banget buku yang sedang saya baca ini ada versi podcast-nya. Terutama saat musim bikin kue jelang Lebaran begini.

Jadi walau mata mengawasi adonan kue, kuping bisa mendengarkan podcast. Ngga ada risiko buku rusak ditimpa dingklik untuk menjaganya tetap terbuka, atau halamannya berminyak sebab saya membaliknya dengan jari yang belepotan mentega. Kan enak ya ngabuburit baca, eh dengerin, cerita mistis sambil mulungin nastar.

Baca juga Kinabalu Park & Ritual Mistisnya

Buku Kisah Tanah Jawa saya beli belum lama ini karena mati gaya menunggu tayang kembali Kisah Tanah Jawa di channel Youtube mereka. Menjelang Ramadan, tiga punggawanya memutuskan cuti dulu dari medsos dan Youtube untuk merampungkan serial mereka di iflix.

Saya tuh ngga bisa diginiin. Setelah seluruh tayangan Youtube Kisah Tanah Jawa habis saya tonton, mereka pergi, bukan begitu saja sih, pake pamit, tetep aja saya blingsatan.

Baca juga Magis Roman Sang Dewi

Untuk sedikit meredakan blingsatan itulah saya ke toko buku untuk beli Kisah Tanah Jawa. Isi bukunya adalah isi Youtube mereka, tapi dengan penjelasan yang lebih banyak. Kerenlah Om Hao, alamat sejarawan bisa leyeh-leyeh aja nih.

Membaca buku ini artinya siap terkaget-kaget merinding disko melihat ilustrasinya. Itu sebab, selain pembatas buku, saya siapkan juga selembar kertas agak lebar untuk menutup ilustrasinya saat saya sampai pada halaman yang ada ilustrasi.

Baca juga Menggantung Harap di Menggung

Namun yang terpenting, saya jadi tahu bahwa ajaran Kebatinan sudah ada dari tahun 200 SM (negeri asal agama impor lagi jaman apa ya?), atau bahwa pesugihan itu praktik yang tidak main-main konsekuensinya.

Ternyata juga, selain buluh perindu yang alat musik, ada juga bulu perindu yang tak lain dan tak bukan adalah pelet dari bulu oom gendruwo. Bulunya Wowo! Hiii….

kisah tanah jawa, jagad lelembut
Bersama tim Kisah Tanah Jawa (Om Hao, Day-ilustrator, Genta) di Central Park Mall, Jakarta, 31 Agustus 2019.

***

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.